Kamis, 23 Agustus 2012

Cara Memasang Aplikasi Al-Qur’an di Facebook


Facebook pernah dihukumi “haram” bila …., oleh beberapa komunitas santri di Jawa Timur beberapa waktu silam. Lalu bagaimana kalau saat membuka facebook justru aktifitasnya adalah ngaji, membaca, memahami tafsir, Al-Qur’an?? OK. Facebook ternyata hanya sebuah media, alat, belaka, pada saat tertentu aktifitas yang tidak baik saat penggunaan alat tidaklah niscaya menjadikan semua pengguna alat tersebut adalah tidak baik (haram). …..Paparan ini tidak jauh kesana namun hanya memberitahukan bagi yang belum tahu tentang
fasilitas tambahan yang bisa dilekatkan didinding facebook anda.

Dari sekian kesalehan yang sudah anda perbuat dengan fasilitas facebook, ada fasilitas yang memungkinkan anda untuk membaca, mendengarkan ayat-ayat suci Al-quran. Lebih dari itu sudah ada terjemahan Indonesia yang akan semakin memudahkan anda untuk memahami ayat-ayat tersebut.
Aplikasi facebook namanya Quranic Verses, dikembangkan oleh Abdullah Arif seorang alumni dari American University of Sharjah. Dalam Quranic Verses jumlah aplikasi terjemahan sudah tersedia dalam 31 bahasa.
Begitu indahnya lantunan suara yang menggetarkan hati dari 14 orang Qori, serta 4 jenis Tafsir dari kitab-kitab terkemuka. Selain fasilitas tersebut anda juga dapat mencari kata-kata tertentu dalam al-qur’an. Mantab kan!!!. Bila anda berminat silahkan lekatkan pada dinding facebook anda..
Untuk mengaktifkan aplikasi ini silahkan buka link Quranic Verses. Kemudian izinkan/Allow, langsung saja anda  klik Qur’an Browser (posisinya ada disebelah kiri atas).
Alat Annotations bisa digunakan untuk memilih Translation untuk menggabungkan antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Sedangkan Display Options: digunakan untuk menampilkan huruf Al-quran yang digunakan.
Bila anda sudah menata sedemikian rupa maka selanjutnya Klik menu setting (Kanan atas), lalu klik Save setting. Jika anda ingin mencantumkan kedalam profil maka silahkan klik “cantumkan kedalam profil”-> cantumkan-> keep. Demikian semoga bermanfaat